Select Page


ASD Digital – Sebelum membahas tentang untung rugi mesin print and cut, akan dijelaskan terlebih dahulu, apa itu mesin print and cut? Mungkin masih ada yang belum mengerti, bahwa jenis mesin ini adalah printer yang dapat melakukan proses print, serta cutting pada mesin yang sama.

Jadi setelah melakukan proses printing pada bahan, lalu kemudian hasil print tersebut dapat dipotong langsung, dan dapat mengikuti pola hasil print, tidak perlu lagi memindahkan bahan hasil cetak pada mesin lainnya, biasanya jenis printer ini banyak digunakan untuk produksi sticker.

Untung rugi mesin print and cut

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dengan menggunakan jenis mesin print and cut ini, apabila jika dibandingkan dengan menggunakan mesin yang terpisah, antara printer dengan mesin cutting, dari sisi harga, lalu efisiensi, dan kemampuannya.

Mesin print and cut

Print and cut

Dengan menggunakan 2 jenis mesin untuk kelebihannya adalah tidak membutuhkan ruang yang lebih besar, karena cukup menggunakan satu mesin print and cut saja, tidak memerlukan untuk ruang mesin cutting, lalu tidak perlu memindahkan hasil print untuk melakukan proses cut.

Baca juga: Mesin digital printing

Sampai saat ini, hanya brand asal Jepang saja yang memiliki fitur print and cut sekaligus dalam mesin yang sama, belum ada brand asal China yang memiliki produk tersebut, kebanyakan masih memproduk mesin printing yang terpisah dengan mesin cutting.

Sedangkan untuk kekurangan dari mesin print and cut, yaitu tidak dapat melakukan kerja secara bersamaan, sehingga tidak cocok untuk mengejar quantity yang banyak, karena untuk melakukan proses cutting, harus menunggu proses printing selesai terlebih dahulu.

Dari segi harga jual juga memiliki perbedaan, untuk jenis mesin printing yang memiliki fitur cutting ini, kisaran harga jualnya mulai dari 230 jutaan, itu untuk mesin yang memiliki lebar area kerja 1,6 meter.

Informasi lainnya: Harga mesin digital printing

Sekarang banyak yang lebih memilih untuk menggunakan mesin yang berbeda, jika dilihat dari soal harga, biasanya mereka lebih memilih untuk menggunakan printer China, yang kualitasnya setara dengan printer Jepang, untuk harganya berada di kisaran 110 jutaan, lalu kemudian menggunakan mesin cutting sticker yang terpisah.

Karena dengan menggunakan mesin digital printing yang terpisah, bisa mengerjakan orderan yang berbeda sekaligus juga, sebagai contoh, bisa untuk mengerjakan pembuatan banner, dan juga cutting sticker dalam waktu yang bersamaan.

Mesin digital printing Xuli X6-1880

Printer indoor

Mesin digital printing yang digunakan umumnya yaitu jenis printer indoor, dan untuk brand asal China yang banyak digunakan adalah merk Xuli, karena memiliki hasil cetak yang bagus untuk print di bahan sticker, serta beberapa jenis bahan lainnya.

Penutup

Pada akhirnya, pilihan untuk menggunakan mesin tersebut tergantung dari anda, karena menyesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki, jika memang pekerjaan membutuhkan waktu yang lebih cepat, bisa menggunakan mesin yang terpisah, jika ruang untuk mesin tidak memadai, maka bisa ada pilihan lainnya.

Untuk pertanyaan atau informasi lain mengenai untung rugi mesin print and cut, bisa melalui kolom komentar yang ada di bawah.

error: Content is protected !!
WhatsApp us