Printer Cetak Banner MMT Yang Tepat

ASD Digital – Printer cetak banner pada bahan flexi atau MMT ada beberapa macam yang tersedia di pasaran. Dan mesin digital printing ini sendiri ada banyak tipenya dengan keunggulan tersendiri.

Memang pada dasarnya hampir semua jenis large format printer ini dapat print pada bahan MMT tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah mengenai cost produksi serta kualitas hasil cetaknya.

Cost produksi dari setiap mesin printing ini berbeda, karena berpengaruh dari harga jual tinta yang digunakan. Begitu juga dengan ukuran lebar area cetak yang berbeda untuk setiap jenisnya.

Seperti contohnya printer indoor ecosolvent yang memiliki ukuran lebar area cetak 1,6 meter. Atau seperti printer outdoor solvent dengan lebar area cetak yang mencapai 3,2 meter.

Memilih Printer Cetak Banner MMT

Printer yang digunakan untuk cetak banner ini mayoritas menggunakan jenis mesin digital printing outdoor. Namun terkadang  ada juga yang menggunakan printer indoor ecosolvent, karena tidak ada ketersediaan printernya atau hal lainnya.

Sebagai informasi, bahan flexi MMT ini sendiri memiliki ukuran 3,2 meter untuk lebarnya. Dari sini mungkin sudah terlihat yang lebih pas dan sesuai untuk print pada bahan tersebut.

Dengan menggunakan mesin cetak banner outdoor tidak perlu lagi memotong bahan menjadi beberapa bagian. 1 roll bisa langsung sekaligus dapat di print, karena memang sudah sesuai ukurannya.

Jika dibandingkan dengan menggunakan printer indoor, maka bahan tersebut harus di potong lagi menjadi 2 bagian. Agar sesuai dengan lebar area print dari printer tersebut yang mencapai 1,6 meter.

Dilihat dari segi cost produksi, untuk printer outdoor juga lebih murah, karena ada pengaruh dari harga jual tintanya itu sendiri. Tinta solvent memiliki harga 650 ribu/galon yang berisi 5 liter tinta, itu untuk perwarnanya.

Bandingkan dengan harga jual tinta ecosolvent untuk mesin digital printing indoor yang mencapai 300 ribu/liter. Sehingga dari segi cost produksi memang jauh lebih murah.

Kalau dari segi kecepatan cetak juga berbeda cukup jauh, printer outdoor bisa mencapai 120 m2/jam. Sedangkan untuk printer indoor kecepatan cetak maksimalnya sekitar 14 m2/jam.

Produk: Xuli X6-1000

Kelebihan Dan Kekurangan

Namun tetap saja ada sisi minusnya jika menggunakan mesin digital printing outdoor dibandingkan dengan indoor. Salah satu kekurangan yang paling mencolok adalah dari segi harga printernya itu sendiri.

Untuk harga printer cetak banner jenis outdoor mencapai 265 juta, itu untuk yang menggunakan printhead Konica 512i. Bandingkan dengan harga printer indoor dengan printhead Epson DX5 yang harganya 100 jutaan.

Dari segi kualitas hasil cetak juga masih jauh lebih bagus printer indoor, tetapi untuk hasil cetaknya juga mesti dipertimbangkan. Kalau untuk bahan flexi sebenarnya tidak perlu sebagus seperti ketika print sticker atau albatros.

Karena hasil cetak banner pada bahan ini kebanyakan dilihat dari jarak pandang yang agak jauh. Berbeda dibandingkan pada bahan albatros atau sticker yang dilihat pada jarak pandang yang lebih dekat.

Baca juga: Mesin Digital Printing Outdoor Solvent

Kesimpulan

Kalau dilihat dari harga jual jasa cetak banner, akan lebih tepat jika memilih mesin printing outdoor. Karena bisa sesuai antara cost produksi dengan harga jual jasanya.

Kecuali jika lebih fokus untuk jasa cetak pada bahan indoor seperti sticker, tentu akan lebih sesuai dengan printer outdoor. Meskipun sama-sama bisa print pada bahan yang sama, tetapi beda hasilnya.

Itu sebabnya kenapa pada penyedia jasa digital printing lebih mengutamakan menggunakan mesin printing outdoor. Lebih sesuai untuk peruntukannya dalam cetak spanduk besar.

Demikian informasi mengenai printer cetak banner MMT ini, semoga membantu. Jika ada pertanyaan, silahkan mengisi kolom komentar dibawah ini.

Leave a Comment

WHATSAPP US

Pin It on Pinterest