Perbedaan Laser Generator Dan Lasertube

Laser Generator Dan Lasertube

ASD Digital – Laser generator atau ada juga yang menyebutkan laser source, adalah sumber power pada jenis mesin fiber laser. Memiliki jumlah power yang berbeda, mulai dari 500 watt sampai dengan lebih dari 2000 watt.

Mesin fiber laser sendiri adalah jenis laser cutting yang penggunaannya khusus hanya untuk pengerjaan pada bahan metal. Sedangkan untuk lasertube atau tabung laser sendiri merupakan sumber power pada jenis laser cutting CO2.

Mesin laser cutting jenis CO2 ini yang umum ditemui dan banyak digunakan, berbeda dengan fiber laser. Ada banyak merk tersedia untuk sumber power tersebut, baik itu buatan China ataupun buatan Eropa dan US.

Laser Generator / Source

Laser generator memiliki masa lifetime yang lebih panjang, rata-rata umur pemakaian mencapai 80 ribu jam. Dan jika sudah habis dapat di repair, hanya kendalanya adalah untuk repair ini belum tersedia di Indonesia.

Jadi untuk melakukan proses repair ini generatornya dikirimkan ke pabrikan asal mesin yang digunakan. Biasanya ada opsi sewa untuk menggunakan laser generator sementara selama masa perbaikan ini.

Merk yang tersedia juga ada beberapa macam, namun yang umum digunakan diantaranya:

  • Raycus
  • Maxphotonic
  • IPG
  • Nlight
Laser Generator IPG
IPG

Kemampuan dari setiap merk tersebut berbeda, dan mempengaruhi harga jual dari mesin fiber laser yang menggunakannya. Paling mahal adalah IPG dan Nlight, karena IPG merupakan brand asal Jerman, dan Nlight dari US.

Sebagai catatan, semakin besar power pada mesin tersebut, maka semakin tebal bahan yang dapat dipotong. Tetapi perlu di ingat, besarnya power tidak berpengaruh terhadap jenis bahan, hanya ketebalannya saja.

Karena banyak yang masih salah mengartikan bahwa power yang besar bisa memotong bahan metal jenis apapun. Yang perlu diingat adalah jenis bahan seperti kuningan dan aluminium hanya dapat dipotong dengan brand laser generator tertentu.

Lasertube / Tabung Laser CO2

Lasertube atau tabung laser ini memiliki masa pakai yang lebih singkat, sekitar 8 ribu jam pemakaian. Dan jika sudah habis masa pakainya, harus dilakukan pergantian dengan yang baru.

Power dari tabung laser ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan laser generator, mulai dari 80 watt hingga 260 watt. Untuk harganya sendiri mulai dari 12 jutaan sampai dengan 17 jutaan, tergantung dari power dan merknya.

Lasertube ini hanya dapat digunakan pada mesin laser cutting CO2 saja, dengan beberapa perbedaan dari mesin. Maksudnya adalah dengan power 60 – 130 watt untuk pengerjaan pada bahan non-metal saja.

Itu sebabnya pada penyedia jasa laser cutting hanya jenis non-metal saja yang banyak digunakan. Karena pekerjaan lebih banyak adalah untuk bahan acrylic, MDF, dan juga kulit / leather.

Tabung Laser CO2
Tabung Laser CO2

Merk paling umum digunakan untuk ini adalah Yongli dan Reci, dengan kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Keduanya merupakan brand asal China, dan memiliki kemampuan yang cukup baik.

Demikian informasi mengenai perbedaan laser generator dan lasertube ini, semoga dapat membantu. Dan bila ada pertanyaan bisa mengisi kolom komentar dibawah ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
Scroll to Top
WhatsApp us