Mesin Printing Printhead Epson DX5 dan XP600

Printhead Epson DX5

Mesin digital printing indoor ada berbagai macam pilihan tipe yang tersedia. Pada dasarnya sih sebenarnya sebagian besar sama saja. Yang bikin berbeda adalah kualitas dari pabrikan, serta printhead yang digunakan.

Sebagai informasi, printer indoor sendiri termasuk yang sangat banyak digunakan pada bidang jasa digital printing. Disamping tentu saja dengan printer outdoor juga yang ada pada tempat printing tersebut.

Printer indoor dengan printhead Epson DX5 sudah dikenal luas memiliki kualitas hasil cetak yang baik. Dan beberapa waktu terakhir ini muncul XP600 yang juga mulai dijadikan favorite.

Printhead Epson DX5 VS XP600

Sejauh ini yang menggunakan mesin digital printing dengan printhead Epson DX5 memiliki tingkat kepuasan yang tinggi. Bahkan dibandingkan dengan printhead Epson DX7, masih lebih banyak yang menyukai DX5.

Printhead ini dikenal memilik daya tahan yang cukup tangguh. Jika rajin dirawat dan dilakukan cleaning, umur pemakaiannya bisa satu tahun lebih. Namun jika perawatannya tidak bagus, bisa dibawah satu tahun sudah mengalami kendala.

Hasil print dari printer yang menggunakan printhead ini juga bagus. Warna yang keluar jelas dan halus, bisa untuk print lebih detail. Secara keseluruhan juga jarang mengalami kendala berarti, asalkan bukan karena faktor human error.

Sedangkan untuk printhead XP600 memiliki hasil print yang cukup baik juga. Hanya saja memang jika dibandingka dengan Epson DX5 masih belum sebanding hasil cetaknya.

Untuk daya tahan dari printheadnya sendiri juga cukup singkat, meskipun dilakukan perawatan secara berkala.  Karena masa pakai dari printhead XP600 ini berkisar antara 3 – 6 bulan saja.

Keunggulan utama dari XP600 dibandingkan dengan DX5 adalah harga jualnya yang jauh lebih murah. Bila DX5 harganya bisa mencapai 20 jutaan, maka XP600 berada di kisaran 4 jutaan.

Begitupun dengan harga mesin digital printing yang menggunakan kedua jenis printhead ini. Printer indoor dengan Epson DX5 mencapai 100 jutaan, sedangkan yang dengan XP600 berkisar 85 jutaan.

Baca juga: Printer indoor printhead Epson dan XAAR

Memilih Printhead Yang Sesuai

Untuk memilih mesin digital printing yang menggunakan printhead ini perlu dilihat kebutuhan serta budget yang dimiliki. Selisih harga jual dari printernya yang bisa mencapai 15 jutaan memang cukup jauh berbeda.

Tetapi kalau dilihat dari masa pakai serta harga dari printheadnya, sebenarnya pada akhirnya hasil akhir akan sama. Karena dalam satu tahun untuk XP600 perlu pergantian antara dua sampai dengan tiga kali.

Sedangkan dari segi hasil print masih lebih bagus DX5. Kalau dari harga tinta ecosolvent yang digunakan sama saja. Jadi kembali lagi dilihat dari budget yang dimiliki.

Apabila budget sangat terbatas, maka opsi dengan printer XP600 bisa menjadi pilihan. Tetapi jika budget cukup untuk printer dengan DX5, maka ini bisa dijadikan pilihan utama.

Baca juga: Mesin digital printing indoor China dan Jepang

Dari segi fisik mesinnya sendiri biasanya printer dengan printhead DX5 memiliki struktur body yang lebih kokoh. Meskipun secara kasat mata terlihat sama.

Demikian informasi mesin digital printing printhead Epson DX5 dan XP600 ini, semoga dapat membantu. Jika berminat dengan printer ecosolvent ini, bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia.

  • Epson DX5 dan XP600
5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Scroll to Top
WhatsApp us