Mesin laser cutting terlengkap dan terbaik

Mesinprinting.com – Mesin laser cutting adalah salah satu alat dalam dunia advertising, yang juga banyak digunakan pada bidang industri kreatif, ada banyak sekali jenis yang tersedia, dengan kelebihan dan kekurangannya.

mlc

Penggunan jenis mesin ini di Indonesia sudah umum, yang lebih sering pada jasa pembuatan huruf timbul, lalu kemudian pada UKM seperti pembuatan tas, karena bisa digunakan pada bahan kulit.

Informasi mesin laser cutting

Beberapa macam jenis mesin yang ada di Indonesia, hanya dua macam saja yang populer, karena memang peruntukkan kerjanya yang lebih sesuai, untuk menggunakan mesin in juga dibutuhkan komputer. Pada dasarnya untuk mesin ini hanya mengikuti perintah dari program/software untuk melakukan pemotongan.

Selain digunakan untuk memotong, juga untuk melakukan proses grafir (engraver), seperti untuk pembuatan piagam. Keterangan lebih lengkap bisa disimak pada tulisan dibawah ini;

Mesin laser cutting CO2

Jenis mesin laser cutting CO2 adalah yang paling banyak digunakan, berfungsi untuk melakukan proses pemotongan dan juga grafir, menggunakan tabung laser atau lasertube jenis CO2, dan tersedia tipe metal dan non-metal.

CO2 Laser

Power yang tersedia pada jenis CO2 laser ini beragam, mulai dari 60 watt sampai dengan 260 watt, semakin besar power yang terdapat pada mesin, maka semakin tebal bahan yang dapat dipotong, tingkat akurasi dan presisi dari mesin ini cukup baik.

Untuk non-metal biasanya digunakan pada media bahan acrylic, mdf, kulit, serta beberapa jenis bahan lainnya, sedangkan untuk jenis metal lebih terbatas, hanya pada carbon steel dan stainless saja, dan dengan ketebalan yang terbatas.

Grafir bahan kulit

Selain digunakan untuk memotong, juga digunakan untuk melakukan proses grafir (engraver), seringnya proses grafir ini dilakukan pada bahan kulit dan juga acrylic, hanya tinggal diatur power laser yang sesuai.

Mesin laser cutting CO2 metal

Untuk jenis CO2 laser metal, power yang dimiliki setidaknya adalah 150 watt, hasil potong pada bahan metal dari jenis CO2 laser memang tidak sebagus ketika digunakan untuk memotong bahan non metal, karena agak kasar pada sisi pinggirnya.

Sample CO2 laser metal

Dengan power 150 watt untuk bahan metal seperti stainless, yang dapat dipotong adalah yang memiliki ketebalan 0,8 mm, dan mesin laser ini tetap dapat dipergunakan untuk memotong bahan non metal seperti acrylic dan lainnya.

Mungkin untuk jenis CO2 laser, apabila digunakan untuk memotong bahan metal agak terkesan dipaksakan, karena pada dasarnya untuk jenis laser ini memang lebih cocok digunakan pada bahan non-metal. Maka tidak mengherankan hasil potong pada bahan metal tidak terlalu bagus.

Mesin laser cutting YAG

YAG Laser termasuk Laser Solid State, komponen yang digunakan dalam laser jenis ini adalah Nd:YAG (Neodymium-Doped Yttrium Aluminium Garnet) dan Nd:YVO (Neodymium-Doped Yttrium Ortho-Vanadate), yang kemudian dikenal dengan nama YAG Laser.

YAG laser memiliki komponen dioda pompa yang cukup mahal dan termasuk consumable parts (bagian yang ada masa habisnya), pompa dioda hanya berumur sekitar 8000 hingga 15000 jam operasional, YAG berada di posisi laser kelas menengah.

Jenis YAG termasuk kurang populer untuk digunakan, karena lebih banyak yang memilih untuk menggunakan jenis CO2 laser ataupun jenis fiber langsung, karena memang lebih tepat penggunaannya.

Mesin fiber laser

Jenis mesin fiber laser berbeda sendiri dibandingkan dengan CO2 dan YAG laser, untuk jenis ini khusus digunakan hanya pada bahan metal, seperti contohnya carbon steel, stainless, kuningan, aluminium, dan lainnya. Tidak dapat dipergunakan untuk memotong bahan non metal seperti acrylic.

Gweike LF 1325N

Namun sebagai catatan, tidak semua jenis fiber laser dapat dipergunakan untuk memotong bahan kuningan atau aluminium, biasanya hanya bahan stainless atau carbon steel saja, jadi hanya tipe tertentu saja.

Power yang dimiliki dari jenis fiber laser ini mulai dari 300 watt, hingga lebih dari 3000 watt, jenis ini menggunakan laser generator, tidak lagi menggunakan tabung laser, untuk masa lifetimenya mencapai 100 ribu jam, hasil potong pada bahan metal merupakan yang paling baik.

Ukuran bidang area kerja yang tersedia untuk jenis fiber laser, mulai dari 130 x 250 cm, hingga 300 x 150 cm, sedangkan untuk laser source yang umum digunakan, adalah IPG dan Raycus, keduanya memiliki selisih harga jual yang jauh berbeda.

Mesin laser cutting Oree

Mesin laser cutting Oree salah satu produk asal China yang banyak digunakan di Indonesia, jenis CO2 laser yang paling menjadi favorite, memiliki tingkat kestabilan yang baik, dengan tingkat akurasi hasil potong yang bagus.

Oree O-C 1309

Ada beberapa tipe dan jenis dari mesin laser cutting ini, yaitu:

Oree O-C 1309

  • Working Area: 130 x 90 cm
  • Laser Power: 130 watt
  • Lasertube: Yongli
  • Type: Non metal

Oree O-CM 1309

  • Working Area: 130 x 90 cm
  • Laser Power: 150 watt
  • Lasertube: Yongli
  • Type:┬áMetal

Oree O-B 1325

  • Working Area: 130 x 250 cm
  • Laser Power: 130 watt
  • Lasertube: Yongli
  • Type: Non metal

Oree O-BM 1325

  • Working Area: 130 x 250 cm
  • Laser Power: 150 watt
  • Lasertube: Yongli
  • Type:┬áMetal

*Harga tidak tetap, dan dapat berubah sewaktu-waktu

Tips merawat mesin laser

Untuk merawat mesin laser ini tidak terlalu sulit, namun banyak pengguna yang terkesan membiarkan hal sepele, sehingga menyebabkan kendala pada mesin tersebut, seperti contoh paling sederhana adalah membersihkan sehabis selesai dipergunakan.

Parts

Beberapa bagian penting yang harus dijaga seperti contohnya lensa, seperti fokus lens atau reflection lens, lalu perhatikan juga mengenai arus listrik, disarankan menggunakan stabilizer, dan akan lebih baik menggunakan UPS.

Bagian atau parts dari mesin ini yang ada masa habisnya adalah lasertube, lensa, dan beberapa bagian lainnya, untuk lasertube sendiri biasanya masa pakai antara 5 ribu sampai dengan 10 ribu jam, tergantung dari tipe dan merknya.

Harga mesin laser cutting

Dari sisi harga sendiri bervariasi, tergantung dari jenis dan ukurannya, seperti untuk harga mesin laser non metal lebih murah dibandingkan dengan harga mesin laser cutting metal, lalu CO2 laser yang lebih murah dibandingkan dengan fiber laser.

Harga

Untuk harga dan tipenya adalah sebagai berikut:

Harga CO2 laser

  • Oree O-C 1309 – Rp. 110 juta
  • Oree O-CM 1309 – Rp. 190 juta
  • Oree O-B 1325 – Rp. 205 juta
  • Oree O-BM 1325 – Rp. 265 juta

Harga fiber laser

  • Gweike LF 1325L (300 watt) – Rp. 625 juta
  • Gweike LF 1325L (500 watt) – Rp. 816 juta
  • Gweike LF 1325N (750 watt Raycus) – Rp. 1 M
  • Gweike LF 1325N (700 watt IPG) – Rp. 1,1 M
  • Gweike LF 3015C (1000 watt Raycus) – Rp. 1,9 M
  • Gweike LF 3015C (1000 watt IPG) – Rp. 2 M

Pada jenis mesin ini juga penggunaannya menggunakan Oksigen, dan Nitrogen (khusus fiber laser), untuk CO2 laser tidak harus menggunakan oksigen, hanya optional tambahan saja, sedangkan pada fiber laser wajib agar potongan lebih bagus.

Penutup

Dalam memilih mesin juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, tidak hanya dari sisi harga mesin laser cutting murah saja, tetapi juga faktor teknis dan non-teknis, seperti contohnya aftersales, ketersediaan service center, dan beberapa hal lainnya.

Dan agar sempatkan untuk melihat demo produk dari mesin tersebut, sehingga bisa dipastikan kemampuan dari mesin yang dituju, lalu tanyakan mengenai ketersediaan spare parts dari penjual yang bersangkutan.

Sample CO2 laser

Rata-rata garansi dari mesin ini hanya 1 tahun (kecuali fiber laser yang mencapai 2 tahun), dan biasanya garansi meliputi service dan spare parts, khusus spare parts yang tidak digaransi adalah consumable parts sepertii tabung laser dan lensa.

Harga jasa laser cutting dibandingkan dengan harga modal, menjadi daya tarik sendiri bagi yang ingin membuka usaha dibidang ini, karena cost produksinya yang tidak terlalu tinggi, biaya terbesar pada modal mesin.

Gweike LF 1325L

Apabila berminat, atau membutuhkan informasi lebih jelas mengenai mesin laser cutting yang ada, bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia, atau melalui no: 0812-96098899 (Phone/WhatsApp).

Leave a Reply