Mesin Digital Printing Indoor

ASD Digital – Jenis large format printer ada beberapa jenis tersedia yang di sesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Salah satunya adalah mesin digital printing indoor ecosolvent yang cukup banyak dipergunakan.

Mungkin hampir di setiap penyedia jasa digital printing sudah ada printer ini, dengan beragam merk yang ada. Pilihan dari merk yang tersedia beragam, namun di dominasi oleh merk asal China dan Jepang.

Untuk ukuran area cetaknya sendiri rata-rata mencapai 1,6 meter dan 1,8 meter. Ini sesuai dengan ukuran dari bahan digital printing indoor yang umumnya memiliki lebar yang sama.

Harga Mesin Digital Printing Indoor Ecosolvent

Printer Ecosolvent Xuli X6-1880A Printhead XP600

Dari segi harga jual, untuk mesin digital printing indoor ecosolvent ini bervariasi, tergantung dari merknya tersebut. Namun yang pastik, untuk brand asal China masih jauh lebih murah jika dibandingkan dengan brand asal Jepang.

Sebagai contoh, untuk merk Xuli yang menggunakan single printhead Epson DX5 berada di harga 100 jutaan. Sedangkan untuk brand asal Jepang dengan spesifikasi yang mirip mencapai 145 jutaan.

Dari segi hasil cetak tidak jauh berbeda, bahkan secara kasat mata tidak akan terlihat perbedaannya. Dilihat dari segi cost produksi juga lebih murah, karena harga tinta ecosolvent untuk brand China ini juga lebih murah.

Dari segi aftersales, untuk Xuli sudah tersedia service center resmi yang berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sehingga untuk kebutuhan support teknisi dan spare parts bisa dengan mudah dilayani.

Produk: Xuli X6-1880

Kegunaan Printer Indoor Ecosolvent

Printer Ecosolvent

Penyedia jasa digital printing menggunakan printer indoor ini mayoritas pada bahan sticker. Karena untuk print pada bahan ini memang lebih sesuai dengan mesin digital printing indoor jika dibandingkan dengan outdoor.

Selain pada bahan sticker ini, juga pada bahan indoor lainnya seperti albatros dan luster. Ada juga beberapa customer kami menggunakan printer indoor untuk cetak pada bahan spunbond.

Hasil print jika ingin lebih kuat dan memiliki daya tahan yang lebih baik bisa dilaminasi lagi. Biasanya sticker decal untuk stripping kendaraan akan dilapisi ulang dengan laminasi setelah di print.

Produk: Xuli X6-1880A

Printhead Mesin Digital Printing Indoor

Printhead XAAR 1201

Jenis printhead pada printer ini ada beberapa macam, meskipun memang sebagian besar tidak terlalu populer. Penggunaan printhead dapat berpengaruh pada hasil print serta kecepatan cetaknya.

Beberapa macam printhead yang populer pada printer ecosolvent ini antara lain:

  • Epson DX5

Ini adalah printhead yang paling populer dan sudah sangat umum dikenal. Baik itu brand asal China ataupun Jepang sudah ada tipe mesin dengan printhead Epson DX5.

Daya tahan printhead ini cukup bagus, jika penggunaannya dibarengi dengan perawatan yang baik maka umur pakainya bisa sampai dengan 1 tahun. Dari segi hasil print juga halus serta detail, bahkan hingga font ukuran kecil.

  • XAAR 1201

Sebelumnya printhead XAAR lebih dikenal digunakan pada mesin digital printing outdoor. Sekarang sudah tersedia tipe untuk printer indoor dari XAAR ini.

Hasil print lebih bagus dibandingkan dengan Epson DX5, dan memiliki dot yang lebih kecil. Begitu juga dengan kecepatan cetaknya yang lebih baik. Namun kelemahannya adalah harga printer dengan printhead XAAR lebih mahal.

  • XP600

Printhead yang memiliki harga jual paling murah sekarang ini, dan kemudian banyak dipilih untuk digunakan. Meskipun dari segi kemampuan memang tidak bisa disamakan Dengan Epson DX5 atau XAAR 1201.

Tinta yang digunakan sama dengan tinta ecosolvent untuk Epson DX5, tetapi dari segi hasil print berbeda. Masih lebih bagus DX5, selain itu daya tahan dari printhead XP600 ini hanya berkisar 4 bulanan saja.

Produk: Xuli X6-2000

Memilih Printer Indoor Yang Sesuai

Mesin Digital Printing Indoor Xuli

Ketika ingin membeli printer indoor ecosolvent, pastikan terlebih dahulu budget yang dimiliki. Mengingat harga mesin digital printing jenis ini beragam dan variatif.

Tetapi jangan terpaku dengan harga juga, maksudnya adalah dengan sesama printer yang memiliki spesifikasi sama tetapi berbeda harga jual. Kalau hanya berpatokan dengan harga jual yang lebih murah sebaiknya dipertimbangkan kembali.

Karena yang perlu diutaamakan juga adalah layanan support dan aftersales, karena suatu saat pasti diperlukan. Percuma jika membeli dengan harga termurah tetapi kesulitan ketika membutuhkan bantuan support teknisi.

Usahakan untuk melihat langsung demo printer yang dipilih, yang akan lebih baik ditempat penggunanya langsung. Kenapa? Karena dengan melihat ditempat penggunanya akan terlihat lebih jelas ketika mesin digital printing tersebut digunakan untuk produksi.

Dan ada baiknya juga untuk melihat review dari merk yang dipilih, yang sudah banyak tersedia di internet. Agar lebih meyakinkan dan mantap dalam menentukan merk yang ingin dibeli.

Perbedaan Tipe Xuli X6-1880 Dan X6-1880A

Pada merk Xuli ada beberapa tipe pilihan mesin digital printing indoor dengan printhead yang sudah dituliskan di atas. Ada beberapa perbedaan pada tipe Xuli ini.

Berkut adalah table perbedaan printer yang menggunakan printhead Epson DX5 dan XP600:

Parameter Xuli X6-1880 Xuli X6-1880A
Printhead Epson DX5 XP600
Speed (2 Pass – 15 m2/h) // (4 Pass – 12 m2/h) // (8 Pass – 9 m2/h) (4 Pass – 10 m2/h) // (6 Pass – 6 m2/h)
Color 4 Colors CMYK 4 Colors CMYK
Nett Weight 300 Kg 160 Kg
Price Rp. 100.000.000,- Rp. 85.000.000,-

Yang menjadi best seller dan banyak digunakan dari kedua tipe tersebut adalah Xuli X6-1880. Karena memang sudah terlebih dahulu ada, selain itu dari segi kecepatan serta hasil cetak juga memang lebih baik.

Tetapi bukan berarti tipe X6-1880A dengan printhead XP600 itu tidak bagus. Hasil cetak tetap halus dan jelas, hanya jika dibandingkan dengan tipe lainnya masih sedikit kalah unggul.

Demikian informasi mengenai mesin digital printing indoor ecosolvent ini, semoga dapat membantu. Jika ada pertanyaan atau ingin berkonsultasi, bisa langsung menghubungi kami melalu kontak yang tersedia. Atau bisa mengisi kolom komentar dibawah.

Leave a Comment

WHATSAPP US

Pin It on Pinterest