Mesin printing sublimasi

Mesin printing sublimasi digunakan khusus untuk print pada material bahan kain, tetapi tidak semua kain dapat di print menggunakan mesin ini, karena hanya kain yang mengandung Polyster atau PE saja, hasil cetak bagus dengan warna cerah.

Bahan kain tidak dapat langsung di print pada mesin, karena harus menggunakan transfer paper yang kemudian di press pada bahan kain yang akan digunakan, jadi ada 2x proses kerja, memang ada beberapa mesin yang dapat print langsung pada bahan kain, tetapi hasilnya tidak sebagus yang menggunakan transfer paper.

Sublimasi

Printer yang digunakan sama dengan mesin digital printing indoor biasa, hanya dibedakan oleh penggunaan tinta saja, apabila pada mesin indoor menggunakan tinta eco solvent maka pada mesin ini menggunakan tinta sublime, untuk hal lainnya sama saja.

Mesin printing sublimasi

Proses kerja mesin printing sublimasi sama seperti mesin printing biasa, hanya material bahan yang digunakan adalah transfer paper, bisa juga menggunakan jenis kertas lain seperti HVS atau kertas koran, tetapi hasilnya tidak akan sebagus menggunakan transfer paper.

Transfer paper yang telah di print kemudian di press menggunakan mesin press besar (bisa jenis roll to roll ataupun jenis hidrolik) pada bahan kain dengan temperatur suhu panas tertentu, sebenarnya proses ini hanya perpindahan tinta saja dari transfer paper pada kain.

Mesin digital printing jenis ini banyak tersedia di pasaran, baik itu dengan merk asal China maupun asal Jepang, hasil print sama bagusnya baik merk Jepang seperti Roland ataupun merk China seperti Xuli, untuk hasil bagus sendiri berdasarkan banyak faktor yang tidak hanya mesin saja.

Printer sublime

Hasil print yang bagus selain dari faktor mesin printing sublimasi tersebut, juga dari kualitas tinta yang digunakan, dan pada tinta sublime juga ada beberapa jenis atau merk tinta yang dapat membuat printhead mampet, karena apabila tinta yang digunakan tidak bagus suka terdapat butiran halus seperti pasir yang dapat membuat printhead tidak awet.

Faktor mesin press juga dapat berpengaruh pada hasil cetak, apabila mesin press tidak memiliki panas yang merata maka hasil cetak yang di dapat tidak akan maksimal, selain itu faktor dari kualitas transfer paper juga memiliki pengaruh, jadi tidak hanya faktor dari mesin printing saja.

Harga mesin printing sublimasi

Harga mesin printing sublimasi bervariasi, tergantung dari merk mesin tersebut, harganya sama seperti mesin printing indoor biasa, untuk merk asal Jepang jauh lebih mahal dibandingkan dengan merk asal China, sedangkan kualitas sama bagusnya.

Contoh untuk mesin digital printing Xuli harga jualnya adalah 115 juta, sedangkan untuk merk asal Jepang yang paling murah seperti Mutoh mencapai 175 jutaan (ukuran serta spesifikasi yang sama), perbedaanya terpaut cukup jauh.

Xuli

Untuk harga mesin press juga bervariasi, ukuran 1,2 meter mulai dari 130 juta hingga lebih dari 200 jutaan, sedangkan untuk jenis hidrolik jauh lebih murah karena hanya sekitar 40 sampai 50 jutaan saja, namun ukurannya memang tidak sebesr jenis roll to roll serta tidak merata panasnya.

Jika memang berniat membeli mesin printing sublimasi ada baiknya juga untuk dilihat dari support serta kualitas mesinnya, karena khusus untuk mesin dengan merk asal China banyak yang tidak memiliki daya tahan yang bagus, hanya ada beberapa merk saja seperti Xuli yang memang sudah banyak digunakan dan di akui bagus.

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *