Mesin printing indoor dan outdoor

Mesin printing indoor dan outdoor memiliki jenis tinta dan spesifikasi serta ukuran yang berbeda, kedua jenis printer besar ini tetap dapat melakukan proses print pada bahan yang sama, seperti contohnya pada bahan sticker, flexi, albatros, dll.

Hasil print yang di dapat berbeda, untuk jenis indoor jauh lebih bagus hasil cetaknya dibandingkan dengan jenis outdoor, lebih cocok digunakan untuk bahan yang umum digunakan dalam ruangan, seperti contohnya untuk membuat x-banner, sticker, dll.

Harga mesin printing indoor dan outdoor

Harga mesin printing indoor dan outdoor berbeda cukup jauh, selisihnya bisa mencapai 100 jutaan, namun untuk cost produksinya masih lebih murah mesin outdoor, ini juga berpengaruh dari harga tintanya, tinta eco solvent yang digunakan pada printer indoor mencapai 400 ribu/liter, sedangkan tinta solvent pada mesin outdoor 640 ribu/galon.

Printer indoor Jepang

Merk asal Jepang untuk jenis indoor hanya ada 3 saja, yaitu Mimaki, Roland, dan Mutoh, sedangkan untuk merk asal China lebih banyak lagi, pada merk asal China yang kemampuannya bisa mengimbangi mesin Jepang ada merk Xuli, untuk daftar harga mesin digital printing indoor sebagai berikut:

  • Mutoh VJ1604 – Rp. 175 juta
  • Mutoh VJ1624 – Rp. 230 juta
  • Roland RF640 – Rp. 230 juta
  • Mimaki JV150-160 – Rp. 230 juta
  • Xuli X6-1880 – Rp. Call
  • Xuli X6-2000 – Rp. Call

Ukuran dari printer indoor Jepang mencapai 1,6 meter, dan untuk mesin China seperti Xuli mencapai 1,8 meter, hasil cetak sama bagusnya, serta daya tahan mesin juga sama-sama bagus, dan sebagai informasi untuk merk asal Jepang tetap assembly China.

Mesin printing indoor dan outdoor

Mesin printing indoor dan outdoor juga berbeda dari penggunaan printheadnya, pada jenis indoor lebih banyak yang menggunakan printhead Epson, sedangkan untuk jenis outdoor ada 4 jenis printhead yang digunakan, yaitu:

  • Konica
  • Polaris
  • Seiko
  • XAAR

Mesin digital printing outdoor sendiri lebih banyak yang menggunakan printhead Konica, lalu kemudian printhead Polaris, untuk yang menggunakan printhead Konica harga jualnya lebih murah, sedangkan yang paling mahal adalah yang menggunakan printhead Polaris.

Printer outdoor Polaris

Jenis mesin outdoor memiliki lebar area cetak 3,2 meter, ada juga yang memiliki lebar area cetak 5 meter tetapi sudah sangat jarang sekali yang menyediakannya, pada mesin outdoor dengan area cetak 3,2 meter yang banyak digunakan ada merk Signstar.

Mesin digital printing jenis outdoor lebih cocok digunakan untuk cetak luar ruangan, seperti cetak banner ukuran besar, hasil cetaknya memang tidak sebagus jenis indoor, kecepatannya juga lebih baik karena menggunakan 4 buah printhead, dan biasanya juga bisa di upgrade menjadi 8 buah printhead.

Untuk merk Signstar sendiri ada 2 tipe, menggunakan printhead Konica dan meggunakan printhead Polaris, tipe yang ada yaitu:

  • SJ3208K – Rp. Call
  • SJ3204P – Rp. Call

Sebagai informasi, tidak semua merk memiliki pabrik sendiri untuk memproduksi mesinnya, kebanyakan order pada pabrik lain lalu menggunakan label sendiri, sebenarnya agak riskan karena untuk kualitasnya tidak terawasi secara langsung oleh pihak perusahaan.

Signstar SJ 3208K

Umumnya hal tersebut pada merk asal China, namun ada juga perusahaan yang memiliki pabrik sendiri untuk memproduksi mesinnya, contohnya adalah merk Xuli dan Signstar yang memproduksi sendiri semua mesin yang dihasilkannya.

Untuk informasi lebih jelas atau ingin membeli mesin printing indoor dan outdoor dengan kualitas yang baik bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *