Mesin printing acrylic

Mesin printing acrylic tidak terlalu dikenal luas, sebelumnya untuk melakukan proses print pada jenis bahan ini dahulu dilakukan secara manual, sekalipun ada yang melalui proses digital biasanya dilakukan pada kertas atau sticker yang kemudian ditempel pada bahan tersebut.

Sekarang ini untuk melakukan proses printing pada bahan acrylic sudah bisa menggunakan mesin printing besar, tetapi tidak semua jenis large format printer yang bisa melakukan, tetapi hanya yang berjenis UV saja yang dapat melakukannya.

Printer UV sendiri bagi sebagian orang hanya mengetahui jenis flatbed saja, dan memang tidak ada salahnya karena bahan acrylic berbentuk datar, sehingga yang dibayangkan adalah mesin yang memiliki meja untuk meletakkan bahan tersebut.

Xuli UV X6-1880

Mesin printing acrylic UV

Mesin printing UV ada juga yang berjenis roll to roll, harga mesin digital printing ini jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan jenis flatbed tadi, apabila mesin flatbed harganya sudah lebih dari 500 jutaan, maka pada jenis roll to roll ini harga jualnya berada dikisaran 190 jutaan.

Pada jenis printer UV roll to roll tetap dapat digunakan untuk mencetak pada bahan acrylic, sebagai tempat untuk meletakkan bahan yang datar bisa dimodifikasi dengan menambahkan meja tanpa harus merubah susunan mesin, sehingga mesin printing acrylic ini bisa disebut modifikasi flatbed.

Bahan tersebut dapat di print dengan hasil yang baik tanpa ada kendala selama meja buatan tersebut sesuai dengan mesin, untuk mesinnya sendiri hanya sedikit saja merk yang menyediakan mesin UV roll to roll dengan kualitas hasil yang bagus.

Kebanyakan merk tersebut merupakan merk asal China, dan dari beberapa merk asal China hanya sedikit saja yang memiliki hasil cetak yang bagus dengan daya tahan mesin yang kuat, untuk difungsikan sebagai mesin printing acrylic mungkin bisa dibilang hanya merk Xuli saja yang bisa melakukan dengan bagus.

Xuli UV X6-2000

Mesin printing acrylic Xuli

Xuli merupakan merk asal China sebagai salah satu yang terbaik, untuk melakukan print pada bahan acrylic bisa dilakukan oleh Xuli UV dengan sangat mudah, hasil cetaknya juga jelas serta tidak mudah luntur, bisa melakukan print dengan hasil print sesuai desain.

Mesin printing acrylic Xuli ini memiliki dua tipe, yaitu:

Kedua tipe tersebut memiliki ukuran yang sama, yaitu 1,8 meter, sedangkan untuk perbedaannya adalah pada X6-1880 menggunakan single printhead, sedangkan pada tipe X6-2000 menggunakan double printhead, dan pada tipe ini tersedia tinta putih.

Print acrylic

Dengan tersedianya tinta putih ini maka proses print dapat dilakukan tidak hanya pada bahan acrylic berwarna putih saja, tetapi juga dapat dilakukan pada bahan acrylic tranparan, sehingga hasil tinta yang keluar bisa terlihat semakin jelas pada bahan yang transparan.

Mesin printing acrylic UV memang tidak semua mengetahui, cara yang lebih efisien dan lebih cepat untuk melakukan proses print dengan cara digital, hemat waktu serta lebih ramah lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *