Mesin printer untuk digital printing

Mesin printer yang digunakan untuk usaha digital printing ada banyak macam jenisnya, ukuran dan tinta yang digunakan juga berbeda, untuk cetak banner dan sticker bisa dengan menggunakan printer jenis ini, serta beberapa macam bahan lainnya.

Mesin printer digital printing

Mesin digital printing

Yang banyak digunakan pada bidang digital printing atau advertising adalah printer indoor dan outdoor, dari segi hasil cetaknya sendiri berbeda, begitu juga dengan ukuran lebar area cetaknya, untuk mesin print outdoor jauh lebih besar dibandingkan dengan indoor.

Mesin printer indoor

Mesin printer indoor lebih banyak digunakan untuk print pada bahan yang dilihat dari jarak pandang lebih dekat, seperti untuk cetak sticker atau albatros yang digunakan untuk pembuatan x-banner, tinta yang digunakan adalah tinta eco solvent.

Mesin printer indoor Xuli

Xuli X6-2000

Printhead dari mesin digital printing indoor hampir seluruhnya menggunakan Epson, baik itu Epson DX5 ataupun DX7, dan untuk lebar area print antara 1,6 sampai dengan 1,8 meter, hasil cetak dari printer indoor ini lebih bagus dibandingkan dengan printer outdoor.

Jenis mesin printer indoor ini hanya penamaannya saja, karena bahan outdoor seperti flexi tetap dapat di print dengan hasil yang baik, hanya memang untuk cost produksinya lebih mahal dibandingkan dengan cost produksi mesin print outdoor.

Tinta mesin printer eco solvent

Tinta printer indoor

Harga mesin printer indoor sendiri lebih murah dibandingkan dengan outdoor, untuk produk China kisaran harganya sekitar 110 jutaan, dan untuk harga tinta eco solvent yang digunakan berkisar 350 ribu untuk 1 liternya.

Produk China untuk jenis indoor ini yang banyak digunakan salah satunya adalah mesin digital printing Xuli, harganya sendiri juga jauh lebih murah dibandingkan dengan produk asal Jepang, sedangkan untuk kemampuan hasil print tidak berbeda.

Mesin printer outdoor

Kalau mesin printer outdoor adalah kebalikannya dari indoor, ukuran lebar area print lebih besar karena mencapai 3,2 meter, dan menggunakan tinta solvent, untuk printheadnya sendiri ada beberapa pilihan, dan itu berpengaruh juga terhadap hasil kerjanya.

Mesin printer outdoor Signstar Konica

Signstar Konica

Printhead yang digunakan pada mesin digital printing jenis outdoor ini ada beberapa macam, diantaranya:

  • Konica 512
  • Konica 512i
  • Seiko
  • Polaris
  • XARR

Yang sudah sangat umum digunakan adalah printhead Konica, dan pada saat ini untuk mesin digital printing outdoor yang sedang ramain dipergunakan adalah printhead Konica 512i, karena kecepatan dan hasil cetaknya leih baik dibandingkan dengan printhead Konica 512 biasa.

Lebih banyak digunakan untuk cetak banner pada bahan flexi dengan ukuran besar, karena lebar area print yang mencapai 3,2 meter, untuk harganya sendiri yang menggunakan Konica 512 berada di kisaran 215 jutaan, dan yang menggunakan printhead Konica 512i 270 jutaan.

Mesin printer outdoor Xuli X6-3200S

Xuli X6-3200S

Xuli merupakan salah satu produk asal China yang selain memproduksi printer indoor juga memproduksi mesin printer outdoor, kemampuan cetaknya sendiri mencapai 125 m2/jam, untuk harga tintanya sendiri 650 ribu/galon yang berisi 5 liter.

Printer outdoor ini juga termasuk yang banyak digunakan pada bidang usaha digital printing di Indonesia, dan meskipun disebut outdoor tetapi bahan indoor seperti albatros masih tetap dapat di print, hanya hasilnya memang tidak sebagus apabila menggunakan mesin indoor.

Untuk informasi lebih jelas mengenai mesin printer indoor atau outdoor, bisa langsung menghubungi kami melalui kontak yang tersedia, atau melalui no: 0812-96098899 (Phone/SMS/WhatsApp).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *