Mesin laser cutting terlengkap CO2 dan Fiber

Mesin laser cutting lebih banyak digunakan untuk memotong ataupun melakukan grafir pada bahan acrylic, mesin jenis ini juga bisa melakukan hal tersebut pada material bahan lainnya seperti bahan logam ataupun kayu serta berbagai jenis bahan lainnya.

Ada banyak sekali merk dan ukuran yang tersedia, power laser yang digunakan juga bervariasi, mulai dari 60 watt hingga lebih dari 500 watt, jenisnya ada yang CO2 dan ada yang fiber laser, semua memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri.

Mesin laser cutting Bodor

Laser cutting & engraver

Produk asal China merupakan yang paling banyak digunakan, karena selain harga jualnya yang jauh lebih murah juga ada beberapa merk yang memiliki kemampuan setara dengan mesin asal Eropa, meskipun ada juga yang memiliki kemampuan kurang bagus.

Mesin laser cutting CO2

Jenis mesin laser cutting CO2 merupakan yang paling umum digunakan apabila “bermain” pada bahan non-metal, power yang dimiliki juga bervariasi, semakin besar power yang dimiliki, maka semakin tebal bahan yang dapat di potong.

Sebagai contoh, untuk mesin dengan power laser 130 watt merk Bodor dapat digunakan untuk memotong bahan acrylic dengan ketebalan hingga 2 cm, hasil yang di dapat juga akurat dan presisi, bisa juga digunakan untuk memotong bahan kayu.

Laser engraver acrylic

Laser engraver acrylic

Umur lasertube dari mesin laser cutting Bodor yang digunakan bisa sampai dengan 8 ribu jam, dan apabila sudah mencapai batas lifetime maka harus diganti, salah satu merk lasertube yang bagus dengan harga jual yang lebih murah adalah merk Yongli yang berasal dari China.

Mesin laser cutting Fiber

Berbeda sendiri dengan jenis fiber laser, mesin ini khusus digunakan hanya pada bahan metal seperti stainless steel, memiliki tingkat akurasi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis CO2 apabila digunakan pada bahan metal atau logam.

Masa lifetime dari lasertube yang digunakan bisa mencapai 70 ribu sampai dengan 100 ribu jam, dan apabila masa lifetime telah berakhir maka dapat dilakukan repair, sehingga tidak perlu melakukan pergantian lasertube yang digunakan tersebut.

Fiber laser Gweike LF1325L

Gweike LF1325L

Namun untuk jenis fiber laser cutting ini memang harga jualnya jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis CO2, tetapi jika dilihat untuk pemakaian dalam jangka waktu yang panjang, maka akan terlihat lebih efisien, karena tidak perlu melakukan pergantian lasertube (Selama tidak mengalami kerusakan berarti).

Mesin laser cutting China

Mesin laser cutting China banyak sekali yang ada, harga yang ditawarkan juga beragam, kemampuannya juga berbeda-beda, tetapi hanya sedikit saja merk asal China yang memang benar-benar memiliki kemampuan yang bagus.

Dari bentuk fisik saja sudah terlihat mana yang memiliki hasil potong yang bagus dan yang tidak, kebanyakan merk asal China ini dari segi fisik tampilannya sangat tidak menarik, material bahan yang digunakan juga terkesan seperti “kaleng”.

Mesin laser cutting Bodor

Sample hasil cutting laser

Material fisik yang tidak bagus dapat berpengaruh pada hasil kerja mesin, karena apabila tidak kokoh akan membuat mesin tidak stabil pada saat melakukan proses kerja, biasanya mesin yang seperti ini memiliki harga yang sangat murah, apalagi jika dibandingkan dengan mesin yang bagus.

Material bahan yang dapat dipotong atau di grafir oleh mesin asal China tetap sama, tergantung dari kebutuhannya, hanya saja hasilnya berbeda, biasanya sekilas akan tampak sama, tetapi untuk detail tidak terlalu bagus, pengusaha yang sudah lama bermain dengan mesin cutting laser biasanya sudah mengerti tentang hal ini.

Harga mesin laser cutting

Harga mesin laser cutting bervariasi, tergantung dari ukuran dan power laser yang digunakan, yang termurah adalah mesin dengan bidang area kerja 60 x 50 cm dengan power laser 60 watt, harga jualnya mencapai 85 jutaan, dan ini termasuk mesin yang memiliki performa bagus, dalam arti merupakan mesin branded.

Sebagai informasi tambahan, semakin besar power laser maka kekuatan potongnya maka semakin bagus, serta bahan yang dapat dipotong bisa semakin tebal, namun memang mesin yang memiliki power laser besar lebih mahal lagi, tabung laser yang digunakan juga memiliki dampak.

Merk asal China yang memiliki kemampuan bagus dengan power laser yang cukup besar salah satunya adalah merk Bodor, produk asal China ini merupakan salah satu yang terbesar dan memiliki pabrik sendiri untuk memproduksi mesin laser cutting yang dihasilkannya.

Mesin laser cutting Bodor BCL 1309 XM

BCL 1309 XM

Perusahaannya bekerja sama dengan perusahaan asal Swiss, sehingga standar mesinnya memang sudah standar Eropa, memang harga jualnya bukan merupakan yang paling murah, tetapi juga bukan yang paling mahal, kemampuannya sendiri diatas rata-rata merk asal China lainnya.

Fisik lebih kokoh karena terbuat bukan dari “kaleng”, dan mesin ini memang cukup berat, sehingga pada saat melakukan proses kerja mesin tidak akan goyang dan tetap stabil, hasil potong juga terjaga, untuk daya tahannya juga bagus.

Memilih mesin yang tepat

Untuk memilih mesin yang tepat tergantung dari tujuan penggunaan mesin tersebut, apabila hanya untuk memotong atau melakukan grafir pada bahan acrylic saja tidak perlu menggunakan mesin dengan power laser yang besar, cukup dengan mesin laser acrylic.

Mesin laser cutting Bodor

Bodor

Tetapi apabila membutuhkan untuk bekerja pada material logam juga maka bisa menggunakan mesin dengan power laser yang besar, dan apabila membutuhkan hasil maksimal dengan kecepatan yang bagus bisa menggunakan mesin fiber laser, tetapi harga jualnya jauh lebih mahal.

Tergantung dari kebutuhan dan budget yang dimiliki, yang terpenting adalah bahwa mesin laser cutting yang ingin dibeli memiliki kemampuan yang baik serta daya tahan yang bagus, karena bisa untuk investasi jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *