Mesin digital printing outdoor dan printhead yang digunakan

Mesin digital printing outdoor yang tersedia di pasaran mayoritas adalah produk asal China, karena untuk produk asal Jepang hanya merk Mimaki saja yang menyediakannya, jenis tinta yang digunakan oleh mesin ini adalah tinta solvent.

Printer jenis mesin digital printing outdoor untuk standar ukuran yang banyak digunakan adalah yang memiliki lebar area cetak 3,2 meter, walaupun ada yang memiliki lebar area print 5 meter tetapi sudah sangat langka, karena memang harga jualnya sudah jauh lebih mahal.

Ada 4 jenis printhead yang biasanya digunakan pada mesin digital printing outdoor, yaitu:

  • Konica
  • Polaris
  • Seiko
  • XAAR

Printer outdoor

Masing-masing printhead memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri, yang paling banyak digunakan adalah printhead Konica, dan ini sudah menjadi mayoritas, mungkin sekitar 85% dari mesin digital printing outdoor yang ada menggunakan printhead Konica.

Mesin digital printing outdoor Konica

Mesin digital printing outdoor yang menggunakan printhead Konica lebih banyak dipakai karena memang harga printheadnya lebih murah dibandingkan dengan printhead Polaris, printhead Konica sendiri ada beberapa tipe seperti 512, 512i, 1024, dll.

Hasil print dari printhead Konica untuk cetak banner sudah bisa dibilang bagus (walaupun tergantung dari tipe printheadnya), selain itu printhead jenis ini sangat mudah dicari, sudah banyak toko spare parts printer besar yang menjualnya.

Hasil print yang lebih bagus di dapat dari printhead Konica 512i, seperti yang digunakan pada mesin digital printing outdoor Xuli X6-3200S, kecepatan juga lebih baik dibandingkan dengan mesin yang menggunakan printhead Konica 512 biasa.

Signstar Konica SJ3208K

Sedangkan untuk yang menggunakan printhead Polaris hasil cetaknya memang lebih bagus dari yang menggunakan printhead Konica, tetapi harga jualnya juga lebih mahal dengan selisih yang cukup besar, kecepatan yang menggunakan printhead Polaris juga lebih bagus..

Mesin digital printing Polaris juga memiliki kecepatan yang lebih baik, hasil cetaknya sendiri untuk warna lebih keluar, dan umumnya juga adalah Polaris 15 PL, jenis ini juga biasanya disebut mesin semi indoor karena hasil cetaknya tersebut.

Harga mesin digital printing outdoor

Harga mesin digital printing outdoor bervariasi tergantung dari merk serta jenis dan jumlah printhead yang digunakan, contohnya adalah Signstar SJ3208K yang menggunakan 4 buah printhead Konica 42 PL, harga jualnya mencapai 215 juta.

Untuk harga mesin digital printing yang menggunakan printhead Polaris contohnya adalah Signstar SJ3204P, Signstar tipe SJ3204P menggunakan printhead Polaris 15 PL, untuk harga jualnya sendiri mencapai 315 juta, dan harga tersebut merupakan yang paling murah apabila dibandingkan dengan merk asal China lainnya.

Polaris Signstar

Ada juga beberapa mesin digital printing outdoor lain yang harganya lebih murah, tetapi biasanya untuk yang memiliki harga jual murah sesuai dengan kemampuannya, dalam arti kualitasnya tidak terlalu bagus, suka terkendala setelah dipakai selama beberapa bulan saja.

Penutup

Printer ini memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan mesin digital printing indoor, tetapi ukuran area cetaknya jauh lebih besar sehingga efektif untuk mencetak banner atau pada media ukuran besar, serta kecepatannya juga lebih baik.

Cost produksi dari printer jenis ini juga lebih murah apabila dibandingkan dengan printer indoor seperti mesin digital printing Xuli X6-1880, karena harga tintanya lebih murah juga, untuk tinta solvent Konica harganya 640 rb/galon yang berisi 4 liter.

Xuli X6-3200S

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut atau ada pertanyaan mengenai mesin digital printing outdoor terbaik,bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia, atau melalui no: 0812-96098899 (Phone/SMS/WhatsApp).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *