Mesin digital printing indoor dengan tinta eco solvent

Mesin digital printing indoor ada beragam merk yang tersedia, mulai dari merk asal Jepang maupun merk asal China, ukuran yang tersedia untuk jenis printer indoor ini adalah 1,6 meter dan 1,8 meter, hasil cetaknya dibandingkan dengan mesin outdoor masih jauh lebih bagus.

Tinta yang digunakan oleh mesin ini adalah tinta eco solvent, sedangkan untuk printheadnya hampir semuanya menggunakan printhead Epson, untuk merk asal China dan Jepang sekarang kebanyakan menggunakan Epson DX7 atau golden head.

Mesin digital printing ini bagus digunakan untuk cetak sticker, x-banner, y-banner, dan lainnya, meskipun bagus digunakan untuk cetak banner tetapi untuk cetak banner kebanyakan lebih memilih menggunakan mesin outdoor, karena ukurannya yang juga lebih besar.

Xuli X6-1880

Harga mesin digital printing indoor

Harga mesin digital printing indoor bervariasi tergantung dari jenis dan ukuran serta merk asal mesin tersebut, yang paling murah adalah merk asal China, dan yang paling mahal adalah merk asal Jepang, untuk merk asal Jepang sendiri hanya ada 3 di Indonesia yang di distribusikan.

Merk asal Jepang untuk mesin digital printing indoor dengan daftar harga jualnya yaitu:

Roland RF 640 – Rp. 235 juta

Roland VS 640 – Rp. 280 juta

Mutoh VJ1604 – Rp. 175 juta

Mutoh VJ1624 – Rp. 230 juta

Mimaki JV150 – 160 – Rp. 245 juta

Mimaki CJV150 – 160 – Rp. 285 juta

Dari semua merk asal Jepang tersebut mungkin yang paling banyak dikenal adalah mesin digital printing Roland, sepertinya hampir semua pemain digital printing sudah mengetahui merk ini, karena memang sudah lebih dahulu ada di Indonesia dibandingkan dengan merk lainnya.

Roland RF 640

Mesin digital printing indoor China

Mesin digital printing indoor China lebih banyak lagi yang ada dipasaran, kebanyakan orang sudah berpikir kalau merk asal China tidak akan sebagus merk asal Jepang, dan sudah berpendapat bahwa merk asal China memang tidak awet atau mudah rusak.

Memang ada benarnya anggapan tersebut, karena tidak semua merk asal China memiliki kualitas yang bagus, baik itu dalam segi hasil cetak maupun daya tahan mesin, karena kebanyakan juga dari merk yang ada tidak ada pabrik resminya (OEM).

Namun bukan berarti lalu semua merk asal China itu tidak bagus, ada beberapa merk asal China yang kualitasnya sudah mampu mengimbangi kualitas dari merk asal Jepang sekelas Roland sekalipun, untuk daya tahan mesinnya juga tergolong lebih bagus.

Salah satu merk asal China yang memiliki kemampuan yang bisa mengimbangi merk asal Jepang adalah mesin digital printing Xuli, mesin ini mampu memiliki daya tahan yang bagus dan sanggup digunakan selama 24 jam (dengan catatan sering melakukan cleaning).

Mesin digital printing indoor Xuli

Hasil print dari mesin digital printing indoor Xuli bagus dengan gambar yang jelas dan detail, baik itu digunakan untuk cetak bahan sticker ataupun cetak pada jenis bahan lainnya, untuk printheadnya sendiri menggunakan Epson DX7, dan ukuran dari mesinnya mencapai 1,8 meter.

Xuli X6

Untuk kategori printer indoor Xuli ada 2 tipe dengan harga jual yang juga berbeda, yaitu:

X6-1880 – Rp. 115 juta

X6-2000 – Rp. 150 juta

Perbedaan antara kedua tipe tersebut adalah pada jumlah penggunaan printheadnya, karena pada tipe X6-2000 menggunakan double printhead Epson DX7, sedangkan untuk ukurannya sama-sama 1,6 meter, termasuk juga untuk tinta yang digunakan.

Perbedaan lain antara Xuli dengan merk asal China lainnya adalah Xuli memiliki pabrik sendiri, serta perusahaannya sendiri termasuk yang terbesar di China sebagai produsen mesin printing, sehingga kualitas dan performanya tetap terjaga, di Indonesia sendiri sudah ada service center resmi Xuli.

Penutup

Mesin digital printing indoor memang persaingannya tinggi, baik itu untuk distributor ataupun pengguna, dan banyak distributor yang berlomba-lomba untuk menjual mesin jenis ini dengan harga semurahnya, namun biasanya tidak disertai dengan kelengkapan spare parts serta service center resminya.

Xuli X6

Apabila ingin membeli mesin digital printing indoor ada baiknya bertanya terlebih dahulu kepada penjual mengenai ketersediaan spare parts serta teknisi, karena banyak sekali (terutama merk asal China) yang spare partsnya sulit dicari, hanya sedikit saja yang memiliki kejelasan mengenai spare parts dan service center.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *