Mesin cutting sticker terlengkap dan termurah

Mesin cutting sticker sangat beragam sekali merk yang tersedia di Indonesia, baik itu merk asal Jepang maupun merk asal China, ukuran yang tersedia juga ada beberapa pilihan, mulai dari ukuran lebar area potong 30 cm hingga 1,2 meter.

Cutting plotter

Fitur yang ditawarkan juga beragam dari setiap merk tersebut, sedangkan untuk hasil potongnya sendiri tidak bisa dipungkiri bahwa merk asal Jepang memiliki hasil potong yang lebih baik dibandingkan dengan merk asal China, dan software yang digunakan juga memiliki fitur yang lengkap.

Mesin cutting sticker Jepang

Mesin cutting sticker Jepang di Indonesia hanya ada 3 merk saja yang tersedia, yaitu:

  • Roland
  • Graphtec
  • Mimaki

Software yang digunakan ketiga merk tersebut berbeda, dan pada semua merk asal Jepang penggunaannya bisa langsung melalui Coreldraw ataupun Adobe Illustrator, karena driver pada saat instalasi sudah auto detect pada kedua software tersebut.

Graphtec, Roland, Mimaki

Dari ketiga merk tersebut juga ada beberapa kelemahan serta kelebihan yang dimiliki, baik untuk hasil potong, kecepatan, ataupun operasionalnya, yaitu:

Mesin cutting sticker Roland

Kelebihan:
Mata pisau versi KW dari mesin ini adalah yang paling mudah dicari, harga mata pisau KW ini juga tergolong murah karena berkisar di harga 100 ribuan, berbeda jauh dengan mata pisau originalnya yang sudah lebih dari 600 ribuan.

Tutorial mudah dicari di internet, dan apabila suatu ketika terjadi trouble juga mudah untuk dicari solusinya karena sudah banyak yang menulis review serta tips dan tricknya di website yang ada.

Kekurangan:
Harga jual dari mesin cutting sticker Roland merupakan yang paling mahal, karena untuk ukuran lebar area potong 60 cm sudah mencapai 26 juta, berbeda dengan merk asal Jepang lainnya yang masih berada di angka 18 juta dan 19 jutaan.

Fitur dari softwarenya juga tidak selengkap dari Graphtec atau Mimaki, serta yang paling lambat update ketimbang kedua kompetitornya tersebut, selain itu lebar area potongnya juga tida maksimal karena untuk ukuran 60 cm hanya 58,4 cm saja.

Roland GS24

Mesin cutting sticker Graphtec

Kelebihan:
Fitur software merupakan yang paling lengkap dengan operasional penggunaan yang paling mudah, akurasi dari penggunaan sensor pada Graphtec termasuk tinggi dan akurat, kecepatan potongnya juga termasuk yang paling bagus.

Mesin cutting sticker Graphtec termasuk yang paling sering update apabila dibandingkan dengan Roland, selain itu untuk driver dan sejenisnya mudah di download pada website resminya, diluar hal teknis untuk spare parts juga tersedia lengkap.

Kekurangan:
Harga mata pisau KW dari mesin ini sedikit lebih mahal dan agak sulit dicari, hanya ada beberapa penjual saja yang menyediakannya, sehingga apabila stock sedang kosong maka akan kesulitan mencari mata pisau KW dari Graphtec.

Graphtec CE6000

Mesin cutting sticker Mimaki

Kelebihan:
Akurasi hasil potong dari Mimaki tergolong bagus, software yang digunakan juga tergolong lengkap, diluar hal teknisnya adalah Mimaki memiliki kantor perwakilan resmi di Indonesia, sehingga untuk produknya lebih mudah untuk di support.

Kekurangan:
Spare parts mesinc uttig sticker Mimaki tergolong lebih mahal, selain itu mata pisau KW juga sangat sulit dicari, kelemahan dari Mimaki lebih banyak diluar hal teknis, karena fokus dari Mimaki sendiri adalah pada mesin digital printing.

Populasi penggunanya juga tidak sebanyak Roland ataupun Graphtec, sehingga agak sedikit sulit apabila ingin bertanya ketika suatu ketika terjadi trouble dan pada saat sedang tidak ada teknisi.

Mimaki CG60 SRIII

Mesin cutting sticker China

Mesin cutting sticker China lebih banyak lagi yang tersedia di Indonesia, meskipun akurasi hasil potongnya tidak sebaik merk asal Jepang tetapi cukup menjadi favorite karena harga jual dari mesinnya yang jauh lebih murah.

Dari sekian banyak merk asal China hanya sedikit saja yang lebih dikenal dan lebih banyak digunakan, yaitu:

  • King Rabbit
  • Jinka
  • Teneth
  • Redsail

Secara keseluruhan hasil potong serta kinerja dari merk tersebut tidak berbeda terlalu jauh, namun untuk hasil potong yang paling mendekati merk asal Jepang adalah King Rabbit, karena bisa dibilang lebih presisi dan lebih detail.

Software yang digunakan merk asal China ini juga hampir sama semuanya, yaitu software Artcut, hanya King Rabbit yang menggunakan software berbeda, yaitu Flexi, Flexi sendiri adalah software yang juga bisa digunakan pada mesin asal Jepang.

Rabbit HX-1360K

Untuk masalah spare parts juga termasuk salah satu masalah besar pada merk asal China, karena spare parts pada mesin asal China ini agak sulit dicari, dan lagi-lagi hanya King Rabbit saja yang mudah di dapatkan spare parts nya, karena service center dari King Rabbit sendiri juga ada.

Merk asal China memang hasil potongnya tidak sebaik dari merk asal Jepang, namun untuk para pemula atau bagi yang ingin membeli tetapi memiliki budget yang terbatas maka bisa menjadi alternatif pilihan, karena harga mesin cutting sticker China yang jauh lebih murah.

Harga mesin cutting sticker

Harga mesin cutting sticker sendiri bervariasi, tergantung dari merk dan ukurannya, untuk lebih lengkapnya tipe dan harga jual yang ada adalah sebagai berikut:

  • Graphtec CE6000-60: Rp. 18 juta
  • Graphtec CE6000-120: Rp. 38 juta
  • Roland GS24: Rp. 24 juta
  • Roland GX500: Rp. 45 juta
  • Mimaki CG 60SRIII: Rp. 19 juta
  • Mimaki CG 130SRIII: Rp. 39 juta
  • Rabbit HX 800K: Rp. 9,5 juta
  • Rabbit HX 1360K: Rp. 10,5 juta

Garansi selama satu tahun yang meliputi service dan spare parts, namun untuk consumable parts seperti mata pisau dan blade holder TIDAK termasuk dalam garansi, khusus untuk mesin cutting Rabbit hanya berlaku garansi service saja, TIDAK termasuk spare parts.

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, atau ingin mengetahui daftar harga mesin cutting sticker terbaru, bisa langsung menghubungi kami melalui kontak yang tersedia, atau melalui no: 0812-96098899 (Phone/SMS/WhatsApp).

Comments 1

  1. gua lagi ada masalah gan mesin cutting sticker ….sensor menggambar sangat baik akan tetapi mata blade nya tak berfungsi ….pada itu mesin baru saya beli dan baru saya pakai kira kira beberapa jam dan hanya dapat menggambar beberapa gambar saja menggunakan pulpen yang telah disediakan pabriknya…tolong sarannya ? apa ada rangkai yang sot atau apa gitu….terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *